rss
email
twitter
facebook

Thursday, April 29, 2010

Lomba essay part I

Dulu, I mean, duluu banget waktu saya masih SD, guru bahasa Inggris saya yang namanya Pak Dita, 'memaksa' saya untuk bikin sebuah essay untuk dilombakan. "Essay itu apa, Pak?" tanya saya dengan begonya.
Hm..setelah dijelasin panjang lebar, akhirnya saya menyimpulkan kalo essay itu sama dengan karangan bebas seperti karangan yang biasa disuruh bikin sama guru bahasa Indonesia saya. Saya pun mengiyakan tanpa tahu bahaya besar di depan saya *horrorbacksound : on*
Bahaya di depan saya mulai terlihat saat saya tau kalo essay itu harus:
1. Diketik, 800 kata
2. Must be written in English
3. Dikirim lewat email/fax/pos ke Jepang
Seorang anak SD seperti saya menyelesaikan syarat nomor 1 saja sudah alhamdulillah. Lha ini, saya tersandung di syarat nomor 2.
Come on, anak SD mana yang bisa lancar bahasa Inggris sampai-sampai bisa ngikutin essay bikinannya untuk lomba?? Yaa, mungkin ada beberapa, tapi yang jelas saya ngga termasuk hwehe :p . Dan dengan sangat sungkan hati kepada orang tua, akhirnya saya menyerahkannya ke penerjemah -____-
Daaan *jrengjrengjreng* saya musti bayar 50ribu sodara sodara! >:[ Duh, mahal bener tuh jaman segitu bisa dibeliin bakso 100 mangkok di kantin SD saya!
Masalah nomor 2 terselesaikan. Dan kalian pasti bertanya-tanya, what problem with number 3? Ya. Saya akui kalau itu sebenarnya bukan suatu masalah besar di jaman sekarang ini. Tapi..saya benar-benar buta internet waktu itu. Kalau lewat pos saya takut ngga nyampe. Jadi jalan terakhir adalah lewat fax.
Saya ingat kalo waktu itu saya dibonceng bapak saya naik motor untuk nyari wartel yang ada layanan fax. Setelah ketemu, akhirnya terkirimlah sudah essay pertama saya hahahaha lega deh.
Eh, tunggu dulu.. "Biaya totalnya 50ribu, Pak," kata mas mas penjaga wartel ke bapak saya -_______- well that's another 50k
Ya Tuhan, ternyata bapak saya harus mengeluarkan total 100rebu demi ter-submit-nya essay saya yang kekanak-kanakan itu.
Lepas beberapa bulan, datanglah sebuah surat atas nama saya. Wow! Ternyata saya dapat sertifikat peserta dan souvenir dari penyelenggara lomba essay di Jepang sana xD
Ya..walaupun ngga menang ngga papa deh, karena pengalaman ini sangat berkesan bagi saya. Dan saya ingin berterimakasih kepada bapak dan ibu yang udah saya repotin waktu itu, love u mom and dad :* dan tak lupa kepada Pak Dita yang telah mengenalkan saya ke dunia tulis menulis :)

0 comments:

Post a Comment