rss
email
twitter
facebook

Sunday, September 5, 2010

The Universe: Keindahan Ciptaan Tuhan

Saya tertarik banget sama yang namanya astronomi. Rasanya hamparan ruang dan benda-benda yang ada di luar sana itu bener-bener membuat saya penasaran setengah mati. Kalo lagi ngeliat foto-foto benda langit juga rasanya merinding banget, kagum sama ciptaan Yang Maha Kuasa :')

Foto di samping ini adalah Galaksi Andromeda, salah satu galaksi di luar galaksi Bimasakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya. Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November. Dengan mata telanjang, galaksi ini nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ternyata ukuran Andromeda bisa lebih dari 7 kali diamter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

Galaksi Bimasakti 'hanya' berisi 200-400 milyar bintang. Kalah jauh kalau dibandingin dengan galaksi Andromeda. Bisa bayangin ngga sih? Kita itu, manusia, ngga ada apa-apanya di alam semesta ini. Kita itu bagaikan butiran pasir yang kecil banget di mata Tuhan. Dengan melihat ciptaan-Nya seperti ini, walaupun tidak secara langsung, rasanya saya jadi lebih bersyukur saja, plus jadi merasa kecil banget. hehe. Subhanallah sekali, Maha Suci Allah dengan semua ciptaan-Nya.


Our beloved galaxy: Galaksi Bimasakti

Sumber : http://id.wikipedia.org, http://www.astropix.com, http://www.dailymail.co.uk


0 comments:

Post a Comment